5.10.15

WTF INDOVISION?!

Untuk posting kali ini, saya akan menggunakan bahasa Indonesia, dengan harapan lebih mudah dimengerti dan dicari kata kuncinya. jadi saya akan bercerita tentang kehidupan saya dan provider televisi saya, yaitu Indovision.

sebelum ke pembahasan Indovision, biar saya beri prolog dulu ya.. selama ini saya adalah pelanggan setia dari First Media. tapi setelah menikah, jujur saja jumlah tagihan dari FM ini terlalu jauh dari dari target kami, sehingga untuk sementara (dengan sangat bersedih hati, karena saya akui internet dari FM adalah yang terbaik sejauh ini dibandingkan saingan-saingannya) harus putus hubungan dulu. mudah-mudahan setelah lebih settle, kami bisa berlangganan lagi.

nah, setelah putus hubungan dari FM, kami memutuskan untuk menggunakan internet dari provider HP masing-masing. kemudian untuk TV Cable, kami pilih indovision. sebenarnya banyak yang mewanti-wanti saya "aduuuhh gausah pake Indovision lah, sampah.", "Ih, lo nggak punya option lain apa? Indovision tuh bermasalah mulu." "Yakin lo mau pake Indovision? liatin aja, bentar juga lo pengen berenti. mati muluu." dan lain sebagainya.. tapiiii.. karena selama saya ngekos di Bandung, ibu kos saya pakai Indovision dan daya sudah terlalu kepincut dengan channel BBC Knowledge (Top Gear terutama) jadi saya tetap ngotot pakai Indovision.

ketika mau langganan, masalah mulai muncul. sebelum unit dipasang, ada tim yang harus survey menyocokkan data dulu via telepon, nah ketika daftar, dibilangnya "nanti ditelpon ya bu, diangkat ya.. supaya cepat terpasang." jadilah saya dan suami saya menanti telpon Indovison seperti orang kurang kerjaan. ajaibnya, mereka memang menelpon kami, tapi baru sekali dering langsung mati. besok hari terulang kembali. sampai tiga kali. akhirnya kami jadi gelisah juga dan menelpon costumer care di 500 900. disini saya di-ping-pong sana-sini. heran deh, mau berlangganan saja repot banget. singkat cerita, 3 hari kemudian setelah di-ping-pong, seminggu setelah daftar, setelah puluhan telpon dan kunjungan survey rumah, akhirnya terpasanglah si Indovison ini di rumah kami. kesimpulan saya: Indovison sengaja menelpon dengan sekali dering hingga tidak sempat diangkat, agar tim survey mereka bisa melakukan verivikasi langsung ke rumah-rumah. (yaelah, kalau memang mau verivikasi ke rumah, bilang aja langsung kaliiii.. gausah nyuruh orang melototin HP 3 hari berturut-turut).

setelah berlangganan, jalan 3 minggu tiba-tiba layanan kami mati. ada tulisan "layan ini di block (4)" saya telpon lagi nih 500 900, ternyataaaaa ada data saya yang kurang, yaitu email. cara Indovision mengambil data itu adalah dengan mematikan TV saya sehingga saya telpon mereka. (kan data saya untuk nomor HP ada di mereka ya? kenapa nggak langsung hubungin aja sih? harus banget bikin costumer tidak nyaman.)

klimaks saya benar-benar considering untuk putus dari indovision (Setelah setahunnanti, yang artinya saya masih punya 11 bulan dengan gondok--kontrak bok! setahun nggak boleh putus, pacaran aja ngga segitunya perasaan) adalah ketika channel BBC Knowledge diubah menjadi BBC Earth. masalahnya adalah, BBC Knowledge ini lah yang membuat saya mau berlangganan Indovision walaupun teman-teman saya sudah memperingatkan untuk menggunakan provider lain. eeehhhh... diganti. hilang sudah tayangan Top Gear kesayangan saya. saya telpon lagi nih 500 900. yang angkat namanya mas B*nt*ng. yaaaa.. doi BT kali ya disuruh kerja hari Sabtu malem (saya Sabtu kerja juga kok, mas, i know the feeling) jawabnya udah jutek-jutek gimanaaa gitu nih si mas ini. saya tanya tayangan BBC Knowledge kemana? katanya dari providernya sudah diganti. saya tanya lagi, harus langganan khusus kah? karena kalau harus, saya rela kok. jawabannya tetap sama, dengan nada jutek dan kurang bersahabat tentunya.

so, dear Indovison, kalau saya mau nonton acara yang berhubungan dengan alam, binatang, dan sejenisnya, saya akan ke NatGeo Wild atau Animal Planet, karena mereka menawarkan program sejenis, walaupun dengan presenter yang berbeda. program BBC Earth pun diselipkan oleh BBC Knowledge di setiap hari Kamis kok. tapi Bang Goes The Theory, Top Gear, James May program, Crash Course, dan acara-acara mendidik dan menghibur ini hanya didapatkan dari BBC Knowledge.  saya cek pagi ini, ternyata ada beberapa user Indovision yang juga menanyakan perihal program-program di Channel 200. untuk provider sekelas Indovision, tolong lah, costumer servicenya ditraining, dan diperjelas semua prosedur pendaftarannya. kalian toh lebih tua dibandingkan provider-provider lain, tapi kenapa kalian lebih tidak profesional?




7 comments:

Dyah Shinta D. Hadiansyah said...

Nyokap gue juga matiin Indovision nih, Lit. Gara-gara gak tahan channel MNC-nya banyak banget :))

CerewetdiBLOOGER said...

bener juga si tapi sy tuh matiin indovision gara gara tv sy yg di kamar di cabut trs disimpen sama ortu sy gk tau dmn nah sy berenti tapi sy gk nyangka bahwa kok di tv depan chanelnya di unlock semua jadi well sy gk jadi dan sy keselnya gini setiap kali ada complain pasti mesti isi pulsa banyak dulu baru tlp tu indovision baru ngomong ke costuner carenya sebenernya sy kesel gara gara itu kitakan punya data disitu masa pas selesai nelpon pulsa abis trs ditelpon ditanya lagi kan aneh lebih banyak keluar modal complainnya daripada bayar indovisionnya klo nelpon pasti abis tu pulsa 50.000

CerewetdiBLOOGER said...

CerewetdiBLOOGER.com

CerewetdiBLOOGER said...

CerewetdiBLOOGER.com

surya kinanta said...

Bener bgt. Yg lbh lucunya skrg mulai hilang channel, slaah satunya trace 276. Tapi biaya tetap sama dan yg lbh lucunya adalah mau bayar bulanan di kantor cabang denpasar aja musti nunggu berjam2. Pengalaman terakhir bayar musti nunggu 2 jam (blm termasuk jam istrht)

Blakseak said...

Saya sampai saat ini berlangganan Indovision dengan alasan yang sama Channel 200, sehingga TV lain nawarin apa saja jawaban saya selalu sama, ada BBC Knowledge? dan setelah survei, dipastikan hanya Indovision yang ada.

Sejauh pengalaman saya berlangganan Indovision, pelayanan baik, kalau ada masalah satu atau dua hari selalu datang dengan konfirmasi.

Untuk BBC Knowledge berubah menjadi BBC Earth saya juga kecewa berat, setelah cari info sana sini termasuk di wikipedia https://en.wikipedia.org/wiki/BBC_Knowledge_(international) ternyata memang diubah dari sononya.

Mengenai Top Gear ini juga kekecewaan yang sangat dalam, tapi apa boleh buat, Clarkson tak di perpanjang di Top Gear, maka bersama May, Hammond dan produsernya (yang sempat di pukul Clarkson dan jadi penyebab Clarkson dipecat)sekarang sedang mengerjakan proyek video otomotif untuk amazon video.

Mengenai Bang Goes Teh Teory, Science Club sekarang memang rada ilang ya porsinya,sekarang lebih banyak yang petualangan.

Tapi buat saya BBC Earth masih Channel yang terbaik, dan sayangnya hanya di Indovision saja.

Salam

dhani wb said...

Haduuuhhh iya bbc knowledge ilang, aaahhhh top gear, james may T_T